Blog Archives

Motor Diesel

MESIN DIESEL

MOTOR / MESIN DIESEL

  1. 1.     Krakteristik motor diesel

Sejak diperkenalkan pertama kali oleh Rudolf Diesel pada 1892 di Jerman, mesin diesel telah mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai penggunaan bahan bakar hingga peningkatan kinerja yang berhubungan dengan teknologi mekanis hingga improvement power, dan konsumsi bahan bakar agar lebih bersahabat dengan lingkungan.

(more…)

Advertisements

Sistem Pendingin

Sistem Pendingin

Sistim ini mutlak diperlukan pada setiap kendaraan, dimaksudkan untuk mencegah panas yang berlebihan.
Jenis Sistim  Pendinginan
1. Pendinginan dengan udara
gambar pendingin udara
  • Pada sistem ini panas yang dihasilkan dari pembakaran gas di dalam ruang bakar dan silinder, sebagian dirambatkan ke luar menggunakan sirip – sirip pendingin yang dipasang pada silinder dan ruang bakar.
  • Panas ini selanjutnya diserap oleh udara luar yang temperaturnya jauh lebih rendah dari temperatur sirip pendingin.
  • Untuk ruang bakar diberi sirip pendingin yang lebih panjang daripada sirip pendingin pada silinder.
2. Pendingin air
  • Pada sistem ini panas dari hasil pembakaran gas dalam ruang bakar dan silinder sebagian diserap oleh air pendingin setelah melalui dinding silinder dan ruang bakar, karenanya dibagian luar dinding silinder dan ruang bakar dibuat water jacket.
  • Panas yang diserap oleh air pendingin pada water jacket selanjutnya akan menyebabkan suhu air pendingin naik.
  • Untuk mencegah air pendingin mendidih dan menguap maka air pendingin harus didinginkan di radiator dengan bantuan kipas pendingin

Komponen Utama Sistem Pendinginan Air (more…)

Pengetahuan dasar otomotif

Dasar-dasar Otomotif

Kita ketahui bersama bahwa roda-roda kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi segala kondisi dalam perjalanan. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin.  Mesin merupakan alat yang dapat merubah tenaga air, panas, listrik, uap, tenaga atom, dsb menjadi tenaga mekanik.

klasifikasi motor bakar

klasifikasi motor bakar

Mesin yang merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar (thermal engine), motor bakar dapat dikelompokkan menjadi beberapa klasifikasi.

Sebagian besar jenis kendaraan yang banyak kita jumpai termasuk dalam klasifikasi motor pembakaran dalam (internal combustion engine) dengan mesin bensin dan mesin diesel. Kedua jenis motor ini memiliki karakteristik yang berbeda.

  1. Karakteristik mesin bensin: – kecepatannya tinggi dan tenaganya besar, mudah pengoperasiannya, pembakarannya sempurna, umumnya digunakan untuk mobil penumpang dan truk yang kecil dsb.
  2. karakteristik mesin diesel: – Efisiensi panasnya tinggi, bahan bakar hemat, kecepatannya lebih rendah dibanding mesin bensin, getarannya besar dan agak berisik, harga lebih mahal, umumnya digunakan untuk kendaraan jarak jauh (kendaraan niaga, truk besar dsb.)

Mesin Bensin

Mesin bensin dikelompokkan menjadi 2 jenis mesin yaitu mesin/motor 2 tak dan mesin/motor 4 tak. (more…)